User Guide

Introduction

Beasiswa Tahfizh Quran

PPPA Daarul Qu’ran memiliki beberapa program yang bertujuan untuk menciptakan generasi manusia berbasis Tahfizhul Qur’an diantaranya adalah Rumah Tahfizh, Pesantren Takhasuss dan Beasiswa Tahfizh Qur’an. Program tersebut memiliki paket bantuan pendidikan dan donasi uang untuk membantu para santri dari keluarga kurang mampu agar mereka dapat menuntaskan sekolah dan kuliah, selanjutnya akan disebut sebagai Santri Beasiswa.

BTQ akan menjadi jembatan untuk para Wali Santri memberikan donasi bantuan kepada para Santri Beasiswa. Melalui sistem ini Wali Santri juga bisa mendapatkan laporan kinerja dan juga prestasi dari Santri Beasiswa.

Program Beasiswa

Program Beasiswa yang dimiliki oleh PPPA Daarul Qur’an diantaranya adalah Rumah Tahfizh dan Pesantren Takhasuss. Program ini bertujuan untuk menciptakan generasi manusia berbasis Tahfizhul Qur’an dimana tiap program memiliki paket bantuan pendidikan yang berbeda-beda yang akan disalurkan kepada santri.

Santri

Santri di Beasiswa Tahfizh Qur’an adalah penerima bantuan sesuai dengan program yang disediakan oleh PPPA Daarul Qur’an. Setiap aktivitas, akademik, dan juga hafalan Qur’an santri akan ditampilkan kepada wali santri di sistem Beasiswa Tahfizh Qur’an.

Wali Santri

Wali Santri di Beasiswa Tahfizh Qur’an adalah donatur yang berkomitmen memberikan bantuan kepada santri. Wali Santri akan mendapatkan laporan aktivitas santri, akademik, dan juga hafalan Qur’an, sehingga wali santri bisa terhubung dan memantau anak asuh santrinya.

Daftar & Masuk

Daftar Menjadi Wali Santri

Untuk menjadi Wali Santri, calon Wali Santri harus mendaftar di Beasiswa Tahfizh Qur’an. Klik Masuk/Daftar yang ada di navigasi bar.

Silahkan isi data lengkap Wali Santri untuk mendaftar, Wali Santri bisa memilih jenis Wali Santri sebagai perorangan atau korporasi.

Setelah mengisi data infromasi Wali Santri, silahkan melakukan aktivasi akun melalui link yang telah dikirim ke email Wali Santri.

Jika sudah berhasil aktivasi akun, silahkan masuk menggunakan email yang tadi sudah didaftarkan.

Masuk Ke Beasiswa Tahfizh Qur'an

Untuk masuk menjadi Wali Santri di Beasiswa Tahfizh Qur’an. Klik Masuk/Daftar yang ada di navigasi bar. Silahkan masukan email dan kata sandi, atau masuk melalui akun google dan facebook.

Komitmen Bantuan

Komitmen Bantuan Santri

Untuk melakukan komitmen bantuan kepada santri, silahkan pilih santri yang akan diberikan bantuan. Wali Santri dapat melihat daftar santri di halaman santri, klik navigasi Santri. Jika sudah menemukan santri yang ingin dibantu, silahkan klik tombol JADI WALI SANTRI.

Wali Santri akan masuk ke halaman tentang santri, di halaman ini terdapat informasi santri berupa progress beasiswa terkumpul, foto santri, cerita santri, potensi santri, dan daftar wali santri yang sudah memberikan bantuan kepada santri tersebut. Untuk lanjut berkomitmen, silahkan klik tombol Jadi Wali Santri.

Dihalaman komitmen bantuan santri, silahkan lengkapi data seperti nominal bantuan yang akan diberikan, nomor telepon, dan pilih metode pembayaran. Jika data sudah dilengkapi, klik tombol Jadi Wali Santri.

Selanjutnya Wali Santri akan mendapatkan tagihan pertama, silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan nominal tagihan beserta kode unik yang nantinya kode unik ini akan disedekahkan. Transfer ke nomor rekening yang sudah dipilih.

Setelah Wali Santri melakukan pembayaran, komitmen bantuan Wali Santri akan terverifikasi secara otomatis oleh sistem Beasiswa Tahfizh Qur’an.

Pembayaran Tiap Bulannya

Wali Santri yang sudah berkomitmen, tiap bulannya akan diberikan tagihan komitmen untuk santri asuh. Wali Santri akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan melalui Email dan SMS terkait tagihan setiap bulan. Wali Santri diharapkan untuk membayar tagihan tersebut sebelum batas waktu yang sudah ditentukan oleh Beasiswa Tahfizh Qur’an.

Untuk melihat tagihan komitmen, Wali Santri dapat mengaksesnya dari email atau dihalaman dashboard profile. Di navigasi bar, pilih nama akun Wali Santri, selanjutnya pilih Komitmen Beasiswa

Dihalaman dashboard komitmen Wali Santri tab tagihan terdapat tagihan komitmen selanjutnya dan riwayat tagihan.

Tagihan Komitmen Selanjutnya adalah Tagihan yang harus dibayarkan oleh Wali Santri tiap bulannya, Wali Santri diharapkan membayar komitmen sebelum tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan. Untuk melihat Tagihan komitmen Wali Santri klik Bayar Komitmen Saya.

Wali Santri dapat memilih sebagian atau semua santri sekaligus untuk membayar komitmen. Jika Santri yang akan dibayar sudah dipilih, selanjutnya pilih metode pembayaran lalu klik tombol Bayar Sekarang. Wali Santri akan diberikan invoice atau tagihan, silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Riwayat Komitmen

Setiap Komtimen Wali Santri akan tercatat di sistem Beasiswa Tahfizh Qur’an. Klik Lihat Riwayat Saya untuk melihat riwayat komitmen yang sudah Wali Santri lakukan.

Dihalaman Riwayat Komitmen Bantuan Wali Santri dapat melihat komitmen-komitmen yang sudah dilakukan dan juga komitmen yang belum dibayar.

Laporan Santri

Wali Santri bisa melihat laporan santri yang sudah dibayar dibagian tab laporan pada halaman dashboard komitmen beasiswa.

Dihalaman Laporan Santri Wali Santri dapat mengunduh rekapitulasi laporan komitmen bantuan dengan cara menekan tombol Unduh Laporan.

Konfirmasi Pembayaran

Jika ketika pembayaran terdapat masalah seperti bantuan belum tersalurkan, Wali Santri dapat melakukan konfirmasi pembayaran secara manual. Di navigasi bar, pilih nama akun Wali Santri, selanjutnya pilih Konfirmasi.

Wali Santri akan diarahkan ke konfirmasi pembayaran di dashboard profile. Wali Santri juga dapat melakukan konfirmasi pembayaran di dashboard profile dengan memilih Komitmen Beasiswa di side menu, selanjutnya pilih tab konfirmasi.

Dihalaman Konfirmasi Pembayaran silahkan isi lengkap data konfirmasi, no. komitmen, bank tujuan, tanggal transfer, nominal transfer, dan bukti transfer. Lalu klik tombol Konfirmasi.

Konfirmasi Pembayaran Wali Santri akan diperiksa oleh Admin Beasiswa Tahfizh Quran.

Membatalkan Komitmen

Wali Santri dapat membatalkan komitmen bantuannya terhadap santri. Di navigasi bar, pilih nama akun Wali Santri, selanjutnya pilih Konfirmasi.

Dihalaman konfirmasi silahkan pilih tab Konfirmasi Pembatalan.

Wali Santri dapat memilih beberapa santri untuk membatalkan komitmen, Silahkan pilih santri yang ingin dibatalkan lalu klik tombol Batalkan Komitmen.

Dengan membatalkan komitmen, Wali Santri berhenti memberikan bantuan kepada santri dan tidak akan ada tagihan lagi untuk setiap bulannya.

Profile Wali Santri

Informasi Wali Santri

Wali Santri dapat mengubah data profile Wali Santri seperti nama, foto, alamat, email dan data terkait wali santri lainnya. Untuk mengubah atau menambahkan informasi Wali Santri, di navigasi bar silahkan pilih Pengaturan.

Wali Santri akan diarahkan ke halaman dashboard profile Wali Santri. Selanjutnya silahkan lengkapi data yang sudah disediakan.

Jika data sudah lengkap silahkan klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan data mengenai informasi Wali Santri.

Mengganti Kata Sandi

Wali Santri dapat mengganti kata sandi akun Beasiswa Tahfizh Qur’an. Untuk mengganti kata sandi, di navigasi bar silahkan pilih Pengaturan.

Dihalaman dashboard profile silahkan pilih tab Kata Sandi.

Silahkan masukan kata sandi baru anda dihalaman kata sandi. Untuk mengganti kata sandi Wali Santri diwajibkan untuk memasukan kata sandi lama terdahulu, jika kata sandi sudah diisi silahkan klik tombol Ganti Kata Sandi.

Jika Wali Santri lupa dengan kata sandinya, Wali Santri bisa mengatur ulang kata sandi dengan fitur Lupa Kata Sandi.

Wali Santri diminta untuk memasukan email yang sudah terdaftar di Beasiswa Tahfizh Qur’an. Wali Santri akan menerima Link atau alamat URL untuk mengatur ulang kata sandi.

Silahkan cek kotak masuk email Wali Santri dan klik link atau tombol untuk mengatur ulang kata sandi. Wali Santri akan diarahkan ke halaman atur ulang kata sandi.

Silahkan isi kata sandi baru dan konfirmasi kata sandi baru untuk mengatur ulang kata sandi. Klik tombol Atur Ulang Kata Sandi jika kata sandi sudah benar. Silahkan masuk kembali dengan kata sandi baru.