BTQ for leader

Annisa Dzakia Ramadhania

  • Beasiswa TerkumpulRp 0
  • Target PerbulanRp 2.750.000

0%



Tentang Saya

Menghafal untuk Beramal

“Mungkin ada yang salah dengan niat saya dalam menghafal,” begitu ungkapan Annisa Dzakia Ramadhania.

Mahasiswi jurusan Teknologi Pangan ini mengutarakan perjalanannya dalam menghafal Al-Qur’an. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, ia mulai menghafalkan Kalamullah.

“Waktu SD, pernah disuruh baca hafalan An-Naba. Disaksikan dua kelas,” ucap gadis yang kerap disapa Dzakia. 

Menghafal Al-Qur’an menjadi keharusan baginya. Selain sebagai syarat kelulusan SMA, Dzakia pun mulai menyadari nikmatnya menghafal Al-Qur’an. Ia bertekad untuk menyelesaikan hafalan 30 juznya. Hajat itu membuatnya mencari perguruan tinggi yang mampu menunjang keinginannya menjadi seorang penghafal Al-Qur’an. Hingga ia jatuhkan pilihannya pada Institut Pertanian Bogor (IPB).

Melalui hafalan pula ia mendapatkan Beasiswa Tahfidz Qur’an (BTQ) for Leaders.  Menghafal Al-Qur’an pun menjadi akad sebagai penerima beasiswa. Perjalanannya dalam menghafal, tidak selalu mulus. Motivasi yang kembang-kempis, kerap membuatnya putus asa untuk menghafal.

“Menjaga hafalan itu, ujian banget buat saya. Susah,” jelas Annisa.

Di titik itu ia mulai mengoreksi diri, jika ada salah niat dalam menghafal. Annisa menyadari akan niatnya untuk menjadi hafidzoh. Bukan hanya ingin memberi mahkota terbaik untuk kedua orangtua dan tuntutan beasiswa. Namun, mengamalkan isinya menjadi sebuah prilaku jauh lebih penting.

“Ada niat yang harus diperbaiki. Bukan sekedar menyelesaikan hafalan. Tapi, memiliki akhlak Qur’ani tidak kalah penting,” pungkas Annisa.[]

Wali Santri

Santri Terbaik

Muhammad Fachri Chumaidi
  • Pesantren Takhassus Cimanggis

Abd. Rahman A. Alhasib
  • Pesantren Takhassus Cinagara

Abdi Saputra
  • Pesantren Takhassus Cinagara


Santri Lainnya