BTQ for leader

Muhammad Iqbal

  • Beasiswa TerkumpulRp 0
  • Target PerbulanRp 2.750.000

0%



Tentang Saya

Peraih Mendali Perak OSN Kebumian

Pada tahun 2014, Muhammad Iqbal mendapatkan mendali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang kebumian di Pulau Seribu Masjid, Lombok. Olimpiade yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) ini memberikannya peluang menjadi pengajar OSN bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang hendak mengikuti perlombaan sejenis.

“Ngajar di Semarang, Yogyakarta, sampai Gorontalo pun, pernah saya lakoni,” imbuh remaja asal Bekasi, Jawa Barat.

Selepas lulus dari MAN Insan Cendikia Gorontalo, putra sulung ini tidak langsung meneruskan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi. Selama dua bulan, ia sempat tinggal di pondok pesantren untuk menambah hafalan dan mengisi sisa-sisa bulan lain dengan menjadi seorang pengajar.

Kini, ia tercatat sebagai mahasiswa jurusan Geofisika Institut Teknologi Bandung (ITB). Aktif di berbagai kegiatan mahasiswa, menjadi salah satu rutinitas Iqbal Saat ini. 

“Di lembaga dakwah fakultas (LDF) saya menjadi mentor bagi mahasiswa baru,”imbuh Iqbal.

Menjadi penerima Beasista Tahfizh Qur’an (BTQ) for Leaders, menumbuhkan keinginan pada diri Iqbal untuk mendirikan lembaga pendidikan yang mengintegrasikan antara Al-Qur’an serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

“Sekarang sudah era digital, selain hafal Al-Qur’an kita juga perlu melek teknologi. Begitu juga dengan para netizen, melek teknologi saja tidak cukup, kita butuh bekal Al-Qur’an. Di era globalisasi ini banyaak yang sudah tidak seimbang,” jelas Iqbal. []  

Wali Santri

Santri Terbaik

Muhammad Fachri Chumaidi
  • Pesantren Takhassus Cimanggis

Abd. Rahman A. Alhasib
  • Pesantren Takhassus Cinagara

Abdi Saputra
  • Pesantren Takhassus Cinagara


Santri Lainnya